Selasa, 29 Maret 2016

GEUMPANG NEGRI EMAS


Kecamatan Tangse, Mane, dan Geumpang, Kabupaten Pidie, tampaknya mulai direspons masyarakat, terutama penambang emas tradisional. Sejak beberapa waktu terakhir, masyarakat setempat bersama pendatang dari sejumlah kabupaten, seperti Aceh Barat dan Aceh Jaya, berduyun-duyun ke Gunong Geumpang untuk berburu logam mulia tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Pidie Said Muliady SE MSi, melalui Kasi Pertambangan Tarmizi, mengatakan, aktivitas penambang emas liar di Gunong Geumpang kian meningkat. Lokasinya tersebar di dua titik, yaitu Alue Eumpeuek dan Anak Perak, perbatasan Pidie dengan Aceh Barat.


Aktivitas berburu emas ke Gunong Geumpang, menurut Tarmizi, hampir bersamaan dengan ditemukannya potensi batu mengandung emas di Gunong Ujeuen, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya. Bahkan, sebagian penambang emas di Gunong Geumpang berasal dari Aceh Barat dan Aceh Jaya. Dari hasil penelitian, sebaran emas di Geumpang sama dengan sebaran emas di Gunong Ujeuen.
“Mungkin terpengaruh dengan pesona emas Gunong Ujeuen, kini ratusan warga melakukan aktivitas menambang emas di Gunong Geumpang,” ujar Tarmizi.
Proses penambangan emas di Gunong Geumpang, menurut Tarmizi, dilakukan masyarakat dengan sistem gelondongan dan mendulang di sungai. Sistem gelondongan menggunakan merkuri (air raksa). Cara kerja gelondongan, kata Tarmizi, ketika bongkahan batu itu hancur, merkuri akan menyatu dengan batu yang mengandung unsur emas, sedangkan yang tidak mengandung emas menjadi kepingan batu kecil-kecil. Penambang lebih tertarik menggunakan merkuri karena proses mendapatkan senyawa emas cepat dan mudah. 

Tangse adalah sebuah kecamatan di kab pidie,, mulai tercecer emas di geumpang, mane sampai ke tangse. masyarakat berbondong2 mencari emas da di sungai yang mereka menggunakan mendulang ada yg sodot tetapi yang lebih banyak menghasilkan dengan cara petambang,, di geumpang letaknya di km 14 sudah hampir lebih kurang 10kg per minggu, sedangkang di tangse belum banyak banyak yang di hasilkan petambang emas karna baru permulaan mungkin kedepan seperti geumpang juga karna geumpang, mane dan tangse merupakan kekayaan alam yang sangat banyak. di tangse letaknya para petambang emas di gunoeng sarah dan di gunoeng gle lamboeng, gunoeng gle syarikat di desa blang jerat kec. tangse..
Indang emas

Batu penghasil emas




Sumber: emastangse

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 .
Shared by Nanggroe Seuramoe. Powered by BEK MUMANG BEEH..!