Sabtu, 02 April 2016

LSM JARA : GUBERNUR HARUS MEMBERI SANKSI TERHADAP RSIA

Ketua pusat LSM JARA Aceh, Iskandar Ar.Rahman S.Pd

LSM JARA ( Jaringan Aspirasi Rakyat Acheh ) mendesak Gubernur Aceh untuk mengevaluasi kinerja manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak yang telah menyebabkan kehilangan dua nyawa pasca tidak mendapatkan pelayanan yang baik dari rumah sakit itu.

Ketua pusat LSM JARA Aceh, Iskandar Ar.Rahman S.Pd mengatakan, Zaini Abdullah selaku kepala Pemerintah Aceh harus memberikan sanksi tegas terhadap para dokter dan staf yang tidak bekerja dengan baik.

Menurutnya, mekanisme dan tata kerja yang diterapkan di RSIA dalam melayani kebutuhan publik sangat memiriskan hati, faktor ini sudah terjadi berulang kali dan bahkan tak jarang akibat pelayanan yang tidak baik dan optimal dalam mengurus kepentingan publik telah membuat publik harus kehilangan nyawa. , Suryani dan bayinya meninggal dunia di Rumah Sakit Zainoel Abidin usai mendapat rujukam dari RSIA. Di RSIA, Suryani tak bisa mendapatkan pelayanan dan terkatung-katung selama berjam-jam di rumah sakit itu.

Menjelang tengah malam kemarin, Suryani akhirnya mendapatkan surat pengantar dan menjalani operasi caesar di Zainoel Abidin. Sayang, nyawa keduanya tak tertolong. Iskandar 

"Pelayanan dan mekanisme sebagaimana diatur undang-undang menjadi prioritas bagi pihak rumah sakit, dan jika melihat terhadap kasus yang menimpa ibu dan bayi yang meninggal akibat keterlambatan melayani pasien menjadi salah satu fakta terbaru, bahwa pelayanan yang dilaksanakan oleh pihak RSIA tidak sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan dalam standar opersional prosedur, " kata iskandar , mencatat, kinerja RSIA bergeser dari tujuan yang diharapkan publik, dimana pelayanan yang prima sebagaimana visi dan misi atas lahirnya program JKRA dan BPJS adalah adanya pelayanan yang menjamin kebutuhan publik. "Gubernur Aceh harus berani mencopot pihak-pihak yang diduga bertanggungjawab terhadap pelayanan di rumah sakit itu, termasuk direkturnya," ujarnya.

Pencopotan ini, tambah iskandar merupakan bagian dari upaya menegakkan disiplin para petugas rumah sakit .

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 .
Shared by Nanggroe Seuramoe. Powered by BEK MUMANG BEEH..!