Rabu, 30 Maret 2016

Fakultas Kedokteran Unsyiah Raih Akreditasi A, Siap Menyambut MEA


Alhamdulillah. Inilah prestasi tertinggi dalam penyelenggaraan program pendidikan, dalamhal ini pendidikan di Fakultas Kedokteran Unsyiah (Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter) di Indonesia,” ungkap DR dr Mulyadi, Sp.P(K), Dekan Fakultas Kedokteran Unsyiah periode 12 April 2012 - 12 April 2016 setelah menerima langsung Surat Keputusan penetapan hasil akreditasi dengan predikat A dari LAM PTKes Jakarta.

Predikat akreditasi A yang diperoleh FK Unsyiah dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT Kes) Indonesia nomor 412/ DR. dr. Mulyadi,Sp.P(K) LAM-PTKes/AKR/Sar/III/2016 tanggal 20 Maret 2016 untuk Sarjana Kedokteran (SKed) dan nomor 0413/ LAM-PTKes/AKR/ Pro/III/2016 untuk profesi dokter.

Prestasi ini menyamai beberapa Fakultas Kedokteran terkemuka di Indonesia, seperti FK Universitas Indonesia (Jakarta), FK UGM (Yogyakarta), FK Universitas Padjajaran (Bandung), FK Universitas Diponegoro (Semarang), dan FK Universitas Airlangga (Surabaya). FK Unsyiah yang berdiri 1 April 1982, saat ini memiliki jumlah mahasiswa aktif 1.417 orang, dan telah meluluskan 2.521 orang dokter.

Persiapan mencapai akreditasi A ini telah dimulai sejak tahun 2008 saat Dekan FK Unsyiah dijabat DR dr Syahrul, Sp.S (K) dengan mengirimkan sejumlah staf pengajar(dosen) untuk mengikuti pendidikan di dalam dan luar negeri untuk program S3 (Doktor), Dokter Spesialis -1, Dokter Spesialis-2, dan Magister Kedokteran sehingga saat ini FK unsyiah memiliki 35 orang staf pengajar dengan kualifikasi S3 (Doktor).

Dengan predikat akreditasi A ini, mulai Juli 2016 FK Unsyiah resmi dapat melaksanakan program pendidikan secara mandiri untuk program dokter Spesialis Paru, dokter spesialis Saraf, dokter spesialis Anak, dokter spesialis THT. Dan, pada Tahun 2017 akan mulai pendidikan dokter Spesialis Jantung, dokter Spesialis Anastesi, dan dokter Spesialis Kedokteran Jiwa.

Menurut DR dr Endang Mutiawati, Sp.S(K), sebagai ketua komite akreditasi, keberhasilan ini karena kerja keras secara bersama-sama dan didukung oleh seluruh staf pengajar FK unsyiah, mahasiswa FK Unsyiah, staf administrasi, rektorat unsyiah, Rumah Sakit Pendidikan Utama RSUDZA, RS pendidikan jejaring (RS Jiwa Aceh, RS Ibu Anak, RS Meuraxa, dan beberapa RS Kab/Kota lainnya), ikatan alumni (IAKU), serta masyarakat luas. Sebelumnya FK Unsyiah di bawah kepemimpinan DR dr Mulyadi telah menghasilkan berbagai prestasi akademik, penilitian, dan pengabdian yang berwawasan global. Juga telah meningkatkan nilai uji kompetensi mahasiswa di atas 80%, dan bahkan seorang mahasiswi FK Unsyiah, dr Ummi Salamah telah berhasil mendapat nilai terbaik ke- 3 dari seluruh peserta uji kompetensi di Indonesia periode November 2015.

Selama ini FK Unsyiah setiap bulannya menjadi salah satu tujuan pilihan dari mahasiswa kedokteran berbagai negara Eropa, dan merupaan satu- satunya FK di Asia yang memiliki kerja sama dengan Bagian Family Medicine, Universitas McMaster, Canada. Dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), FK unsyiah akan segera merevisi kurikulum dengan menambah muatan lokal berbasis kurikulum dari negara-negara ASEAN, sehingga lulusan dokter FK Unsyiah dapat bekerja di beberapa negara ASEAN.

Dengan predikat akreditasi A akan lebih meningkatkan mutu pendidikan dan kepercayaan putra-putri terbaik Aceh khususnya serta Indonesia umumnya untuk mengikuti pendidikan di Fakultas Kedokteran Unsyiah.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 .
Shared by Nanggroe Seuramoe. Powered by BEK MUMANG BEEH..!